Cara Pengobatan Jantung Bocor ASD dan VSD

Penyakit jantung bocor merupakan kelainan bawaan atau kongenital yaitu masalah pada struktur jantung yang sudah ada sejak lahir, sehingga akan mengubah aliran normal darah melalui jantung.

Seperti yang diketahui, jantung memiliki 4 ruangan, jantung sebelah kanan masing-masing memiliki 2 ruangan, yaitu serambi diatasi dan bilik di bawah, begitu juga dengan jantung sebelah kiri memiliki serambi dan bilik. Jika terdapat lubang atau kebocoran diseptum antara dua serambi atas jantung, maka disebut sebagai sefek septum atrium (ASD, Atrial Septal Defect). Sedangkan jika terdapat lubang atau kebocoran di septum antara dua bilik jantung maka disebut dengan defek septum ventrikel (VSD, Verticular Septal Defect).

Dengan adanya kebocoran pada jantung baik itu ASD atau VSD maka darah dari sisi kiri jantung dapat masuk ke sisi kanan. Dengan demikian, darah yang kaya oksigen bercampur dengan darah yang miskin oksigen. Akibatnya, beberapa darah kaya oksigen dipompa ke paru-paru bukan ke tubuh.

Pengobatan Penyakit Jantung Bocor ASD dan VSD

Cara Pengobatan Jantung Bocor ASD dan VSD

Dengan semakin majunya ilmu dan teknologi kedokteran, sangat memungkinkan untuk penyembuhan jantng bocor. Mulai dari cara konservatif hingga prosedur invasif seperti kateterisasi dan operasi atau pembedahan. Semua dilakukan atas indikasi klinis dan berdasarkan pemeriksaan penunjang.

Jantung bocor, baik itu ASD ataupun VSD tidak semuanya harus dilakukan operasi, karena jika bocornya kecil, makak sangat mungkin untuk menutup dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, ketika didiagnosis jantung bocor, maka dokter akan melakukan pengawasan terhadap anak yang menderita penyakit jantung bocor untuk kemudian merencanakan tindakan berikutnya yang sesuai.

Pada bayi yang mengalami VSD, jika memerlukan tindakan operasi, maka dilakukan pada tahun pertama kehidupan. Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki cacar septum ventrikel besar atau yang menyebabkan gejala yang signifikan biasanya membutuhkan operasi.

Obat Jantung Bocor ASD

Obat jantung bocor ASD tidak dapat menurut lubang pada jantung, tetapi obat dapat digunakan untuk mengurangi beberapa tanda-tanda dan gejala yang timbul. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko komplikasi setelah operasi. Obat yang digunakan yaitu untuk menjaga detak jantung agar teratur (beta blocker) atau untuk mengurangi risiko pembekuan darah (antikoagulan).

Obat Jantung VSD

Obat-obatan yang diperlukan untuk mengatasi jantung bocor tipe VSD diantaranya adalah :

  • Obat untuk meningkatkan kekuatan kontraksi jantung, msialnya digoxin (Lanoxin).
  • Menjaga detak jantung agar tetap teratur, misalnya beta blockers (lopressor) dan digoxin (Lanoxin).
  • Obat untuk mengurangi jumlah cairan dalam sirkulari dan paru-paru, disebut diuretik, misalnya furosemide (Lasix).

Antibiotik Pencegahan

Antibiotik pencegahan dibutuhkan untuk mengurangi risiko endokarditis infekstif. Pedoman saat ini menyarankan pengobatan antibiotik pencegaha hanya untuk orang yang berisiko tingi terjadao komplikasi serius dan endokarditis infektif. Dokter mungkin akan merekomendasikan antibiotik preventif jika :

  • Memiliki masalah jantung lainnya atau penggunaan katup buatan
  • Memiliki cacat septum vertikel yang besar yang menyebabkan kadar oksigen darah yang rendah.

Disamping itu, kebersihan mulut yang tidak baik dan pemeriksaan gigi secara teratur dapat mencegah endokarditis.

Operasi Jantung

Tidak sedikit dokter yang menyarankan operasi defek septum atrium (ASD) ketika terdiagnosis selama masa kanak-kanak. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi ketika dewasa. Operasi ditujukan untuk kebocoran dengan lubang yang berukuran sedang dan besar.

  • Kateterisasi jantung

Dalam prosedur ini, dokter memasukkan tabung tipis dan elastis (kateter) ke dalam pembuluh darah dipangkal paha dan diarahkan ke jantung menggunakan teknik pencitraan. Melalui kateter, dokter menerapkan patch atau plug untuk menutup lubang. Prosedur dapat dilakukan untuk memperbaiki ASD secundum. Namun, untuk ASD secundum besar mungkin tidak dapat diperbaiki melalui kateterisasi jantung, dan mungkin membutuhkan operasi jantung terbuka.

  • Operasi jantung terbuka

Jenis operasi ini dilakukan dibawah anestesi umum dan membutuhkan penggunaan mesin jantung-paru. melalui sayatan di dada, ahli bedah akan menggunakan patch untuk menutup lubang. Prosedur ini merupakan pengobatan pilihan untuk jenis ASD tertentu (primum, venosus sinus dan sinus koroner), dan jenis-jenis cara atrium yang hanya dapat diperbaiki dengan melalui operasi jantung terbuka.

Metode operasi jantung tersebut juga digunakan untuk terapi jantung bocor VSD.

Incoming search terms:

  • cara pengobatan Vsd
  • klep jantung bocor secuntum asd

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *