Khasiat Kayu Manis Untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Tahukah anda kayu manis? ya, bahan alami yang sering kali di jadikan rempah dalam masakan ini ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa sebagai obat diabetes alami. Bahkan khasiat dari kulit kayu manis untuk menurunkan gula darah tinggi telah di gunakan oleh pengobatan china semenjak berabad-abad lalu. Bahan rempah yang berasala dari Asia ini banyak di budidayakan di beberapa negara seperti sri lanka, India dan juga Amerika.

kayu manis

Selain untuk menurunkan gula darah tinggi di dalam tubuh, khasiat kayu manis lainnya dapat di gunakan untuk pengobatan alami. Seperti untuk melancarkan pernapasan, mengobati batuk, radang dan lainnya hanya cukup dengan 1 sendok kayu manis yang berisi kandungan 1 mg zat besi, 1 mg serat, 28 mgh kalsium, vitamin K, C dan juga mangan. Namun yang paling umum, kayu manis sering di gunakan sebagai obat alami diabetes.

Manfaat dan khasiat kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah tinggi

Secara umum, terdapat 2 jenis kayu manis yang sering kali di gunakan yaitu kayu manis ceylon dan juga kayu manis cassia, atau yang lebih di kenal dengan kayu manis china. Dalam studi yang di lakukan, di ketahui manfaat kayu manis cassia mampu mengobati penyakit diabetes secara efektif. Beberapa peneliti tersebut menjelaskan  bagaiman kayu manis sangat efektif di jadikan sebagai obat alami diabetes untuk penderitanya. Hal tersebut terlihat bahwa pnderita diabetes tidak memiliki kontrol atas sekresi hormon insulin. Sedangkan penggunaan kayu manis, dapat membantu melepaskan hormon penting yang dapat mengatasi diabetes bisa terkontrol.

Salah satu penelitian yang mendukung akan hal ini adalah sebuah penelitian yang di lakukan oleh Dr. Richard Anderson beserta koleganya  untuk menguji keefektifan kayu manis terhadap gula darah, total kolesterol, trigleserida, HDL kolesterol, dan LDL kolesterol.

Penelitian tersebut melibatkan 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang terdiri dari 30 pria dan wanita yang mana mereka telah berusia 50 tahun ke atas. Dan merekapun di bagi-bagi menjadi 6 kelompok secara acak.

Kelompok pertama  mengonsumsi 1 gr kayu manis  perhari, kelompok ke dua mengonsumsi 3 gr kayu manis perhari dan kelompok ke tiga mengonsumsi 6 gr kayu manis perhari. Sedangkan kelompok 4, 5 dan 6 mengonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah atau takaran yang sama dengan kelompok 1,2 dan 3 yang mengonsumsi kayu manis.

Dan setelah 40 hari sangat sulit untuk di percaya, kelompok yang mengonsumsi kayu manis turun gula darahnya sebesar 18-29%, trigliserida 23-30%, kolesterol LDL 7-27%. Namun tidak di temukannya perubahan signifikan pada kolesterol HDL. Hal tersebut menunjukkan dengan mengonsumsi 1-6 gr  kayu manis perhari dapat menurunkan kadar gula darah dan komplikasi diabetes yang berkaitan erat dengan jantung dan serangan darah tinggi (hipertensi).

Sedangkan kapsul plasebo tidak memiliki efek apapun baik terhadap gula darag, kolesterol LDL serta trigliserida. Banyak penderita diabetes yang telah mencoba untuk menambahkan setengah sendok teh kayu manis dalam teh saat sarapan pagi selama beberapa bulan dan mereka mendapati bahwa kadar gula darah mereka mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Meski khasiat kayu manis dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, namun yang perlu di tekankan di sini kayu manis tidak dapat menyembuhkan diabetes melainkan hanya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Namun, hal tersebut bukan berarti anda dapat mengonsumsi gula dan makanan karbohidrat secara bebas. Asupan makanan yang anda konsumsi tentunya harus tetap di jaga. Jika anda ingin menambahkan kayu manis dalam menu diet anda, anda dapat menjalankan intruksi berikut ini.

Selalu konsultasikan pada dokter anda.  Jika anda ingin menambahkan 1/4 atau 1/2 sendok makan kayu manis perhari dalam menu diet anda, dokter yang menangi anda wajib tahu meski banyak penelitian yang menyatakan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

Selalu menggunakan takaran yang sama agar gula darah tidak naik-turun.

√ Menggunakan kayu manis bubuk atau batangan. Karena menurut penelitian methylhydroxychalcone polymer (MHCP), kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip dengan insulin tidak di temukan pada minyak kayu manis.

Catatan:
Meski penggunaan kayu manis untuk menuerunkan kadar gula darah sangatlah aman, namun terdapat fakta yang perlu anda ketahui bahwasannya kayu manis  mengandung senyawa kumari. Senyawa tersebut sangat tidak baik untuk penderita liver. Maka dari itu, ada baiknya sebelum anda menggunakan kayu manis dalam pengobatan diabetes terlebih pada tahap komplikasi, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *