Mengenal Jenis-jenis Penyakit Jantung Yang Berbahaya

Pada umumnya, orang-orang mungkin menggolongkan semua jenis penyakit kardiovaskular kedalam satu kategori, yaitu serangan jantung.

Akan tetapi, seringkali tidak ada yang menyadari jika serangan jantung sebenarnya adalah hasil akhir dari penyakit jantung. Serang jantung terjadi karena seseorang tersebut sudah menderita penyakit jantung, tapi terkadang tidak diketahui sebelumnya.

Istilah penyakit kardiovaskular sendiri merujuk pada jantung dan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Setiap gangguan yang terjadi baik pada jantung dan pembuluh darah yang menjadi pemasok asupan darah kejantung dikategorikan sebagai penyakit kardiovaskular.

Dilansir Boldsky, ini dia beberapa jenis penyakit jantung yang berbahaya.

Mengenal Jenis-jenis Penyakit Jantung Yang Berbahaya

1. Trachycardia.

Merupakan istilah medis untuk kondisi yang digambarkan dengan meningkatnya denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebabkan beberapa alasan seperti merokok, alkohol dan stress.

2. Penyakit otot jantung.

Terkadang otot-otot jantung juga dapat melemah. Namun dalam hal ini otot-otot jantung kemudian melambat yang akan berakibat pada ketidakmampuan jantung memompa darah yang cukup untuk tubuh.

3. Penyakit arteri koroner.

Merupakan jenis penyakit jantung paling umum. Kondisi ini ditandai dengan dinding arteri menebal akibat akumulasi lemak. Kondisi ini menghambat jumlah darah yang masuk ke jantung dan meningkatkan tekanan darah.

4. Penyakit katup jantung.

Jantung memiliki 4 katup, jika salah satunya tidak bekerja dengan baik akibat yang terjadi pada Anda adalah penyakit stroke dan angina.

5. Angina.

Adalah istilah medis untuk menandakan kondisi rasa sakit dan sesak di sekitar dada. Hal ini dikarenakan dada tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh penyumbatan kecil di arteri jantung atau koroner.

6. Bradikardi.

Bradikardi merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan denyut jantung lambat karena otot-otot jantung lelah. Alat pacu jantung yang dipasang di jantung dapat kembali memacu denyut jantung yang melemah.

7. Penyakit jantung bawaan.

Umumnya terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan jantung yang lemah atau terdapat lubang di jantung mereka. Kondisi ini bisa saja diatasi dengan operasi, namun kemungkinan berhasilnya tidak selalu jelas.

8. Gagal jantung.

Penyakit gagal jantung digambarkan dengan sebuah kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah dan berhenti bekerja. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang kehilangan banyak darah, terkejut atau bahkan karena gangguan paru-paru.

9. Gangguan serebrovaskular.

Kondisi yang digambarkan dengan hambatan yang terjadi di dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak. Jenis penyakit jantung dikarenakan gangguan Serebrovaskular termasuk berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.

10. Penyakit jantung rematik.

Terjadi karena infeksi bakteri pada masa kecil yang mempengaruhi sendi dan katup jantung. Gangguan jantung akan muncul saat dewasa, dan satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan bantuan obat dan operasi.

11. Aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan pengerasan arteri. Arteri seringkali mengeras dikarenakan adanya endapan wabah, racun dan lemak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

Dengan Mengenal Jenis-jenis Penyakit Jantung Yang Berbahaya, semoga kita bisa mengetahui lebih dan secara pasti mengenai kondisi jantung yang sehat dan bermasalah. Jadi ketika Anda merasakan sesuatu yang aneh / terjadi gangguan pada jantung, sekecil apapun segera lakukan pemeriksaan terkait.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *