Mengenali Bahaya Obesitas Dan Resikonya

Obesitas merupakan kelainan berat badan yang berlebihan pada seseorang baik pria atupun wanita. Kondisi itu bahkan melebihi apa yang sering kita sebut dengan kegemukan. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa jika obesitas sudah termasuk ke dalam epidemik global itu pasti akan lebih rumit untuk di atasi.

Screenshot_6A

Obesitas hanya di ketahui dengan berbagai pemeriksaan medis seperti uji BMI (Body Mas Index), CT Scan, atau pemeriksaan dengan sinar x-ray untuk mengetahui seberapa parahnya penumpukan lemak yang ada. Bahaya obesitas juga tidak kalah menakutkan sebab bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

Bahaya obesitas terhadap kebiasaan makan
Pola makan seorang yang mengalami diabetes otomatis akan berubah, tidak jarang kecanduan makanan itu bisa terjadi, terutama makanan yang berlemak tinggi dan terlalu manis. Hal ini sering di hubungkan dengan diet yoyo atau diet yang berputar. Kondisi ini terjadi pada saat tubuh mengalami pemurunan berat badan yang tidak menetap sebab kemudian akan meningkat lagi. Seseoirangpun akan lebih mudah stress.

6 Bahaya obesitas terhadap kesehatan
Anda jangan pernah menyepelekan masalah obesitas sebab  itu hanya akan menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Berikut ini ada beberapa bahaya obesitas yang bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

  • Penyakit jantung
    Anda cenderung  terjadi agagl jantung pada penderita diabetes. Gagal janmtung ialah suatu kondisi dimana jantung bekerja melebihi batasan maksimalnya. Mereka yang mengalami obesitas dan jarang bergerak mempunyai jantung yang bekerjanya lebih keras jika dibandingkan dengan kebanyakan orang normal lainnya.
  • Diabetes
    ini merupakan maslah kesehatan yang paling umum ditemukan pada setiap penderita obesitas. Keadaan ini dimana kadar gula darah sudah melampaui batas normal.
  • Gangguan darah tinggi
    Orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki resiko mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semua ini disebabkan karena kolesterol dalam darah yang menyumbat arteri dan meyempit sehingga membuat jantung bekerja lebih keras.
  • Mandul
    Bahaya obesitas bisa meliputi maslah kesehatan reproduksi. Hal ini bisa saja terjaid pada pria ataupun wanita. Resiko kemandulan akan semakin meningkat jika lemak sudah menutupi area sekitar organ reproduksi.
  • Stroke
    Selain menyebabkan tekanan darah tinggi dan agagl jantung, penyempitan arteri yang terjadi pada penderita obesitas juga bisa berujung pada penyakit stroke. Obesitas ini terjadi ketika lemak atau kolesterol menumpuk di jaringan otak.
  • Penyakit kulit
    Beda dari kebanyakan orang  normal, permukaan tubuh orang yang obesitas itu sangat rentan berpenyakit. Karena permukaan tubuh orang obesitas nyata nya lebih sempit sehingga panas tubuh tidak bia terbuang dengan baik. Ketika kulit mengeluarkan banyak keringan dan sering bergesek kulit dengan kulit maka itu kan menjadi iritasi yang pastinya terasa sakit dan perih.

Bahaya obesitas terhadap otak
Ada hubungannya antara otak dan obesitas, kaitannya itu ialah dengn kerusakan ingatan maupun memori. Hal ini di lansirkan dalam jurnal of the American Geriatric Society. Kondisi itu dimana seseorang mengalami hilang ingatan yang berawal dari inflamasi yang terjadi dan mempengaruhi bagian kognitif. Inflamasi tersebut disebabkan karena hormon yang biasnaya di picu ole kelebihan lemak. Ini juga merupakan faktor resiko demensia untuk sebagian besar orang dengan obesitasnya.

Obesitas bisa di cegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan perbanyak minum air putih, sering berolahraga, hindari makanan siap saji atau junkfood, konsumsi obat herbal untuk mengatasi obesitas dan banyak istirahat yang cukup. Itulah yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih 🙂

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *