Ramuan Herbal Sederhana untuk Menurunkan Demam Anak

Ketika si kecil mengalami demam, bunda pasti merasa panik dan melakukan berbagai cara untuk menurunkan panasnya. Demam bukanlah sebuah penyakit, tetapi kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa menjadi pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus.

ramuan-herbal-sederhana-untuk-menurunkan-demam-anak

Tidak sedikit orangtua yang mencemaskan kejang demam. Obat penurun panas tidak terbukti dapat mencegah terjadinya kejang demam. Kejang yang terjadi biasanya disebabkan karena kenaikan suhu tubuh yang pesat di tahap awal infeksi, hal ini seringkali terjadi sebelum para orangtua menyadari anaknya terkena demam.

Namun, selain obat penurun panas, bunda juga bisa memanfaatkan beberapa ramuan herbal sederhana yang ada disekitar sebagai solusi cara mengatasi demam tinggi pada anak, seperti :

  • Bawang merah

Bawang merah sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, disamping itu, bawang merah juga ternyata memiliki manfaat yang lebih untuk membantu menurunkan demam anak. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, kuersetin, kaemferol, dan floroglusin. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup mudah. Kupas 5 butir bawang merah dan parut kasar. Kemudian tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan ramuan tersebut ke ubun-ubun dan seluruh badan di kecil yang mengalami panas.

  • Temulawak

Temulawak memiliki kandungan zat aktif germacrene, alpha betha curcumena dan xanthorrhizol. Kandungan yang ada dalam temulawak ini berfungsi sebagai antibiotik dan juga anti inflamasi. cara membuatnya yaitu parut sekitar 1 ruas jari temulawak, campur dengan setelngah gelas air. Aduk kemudian saring dan peras airnya. Tambahkan juga madu pada sari temulawak tersebut dan berikan pada anak.

  • Kunyit

Kunyit atau dikenal juga dengan kunir memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan juga zingiberen yang bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi atau antiperadangan.

Cara untuk membuat ramuan herbal herbal sederhana untuk menurunkan demam anakĀ  dari kunyit ini cukup mudah, yaitu cuci bersih sekitar 10 gram kunyit. Parut kemudiantambahkan 1/2 gelas air panas dna aduk hingga rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Tambahkan juga perasan 1/2 buah jeruk nipis dan 2 sendok makan madu bunga kapuk, kemudian aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, selanjutnya berikan 3 kali sehari pada anak yang mengalami panas.

Itulah bebrapa ramuan herbal sederhana untuk menurunkan panas pada anak. Kini, bunda jangan khawatir lagi ketika si kecil mengalam demam tinggi. Segera ambil beberapa bahan tradisional tersebut dan atasi demam pada anak secara efektif di rumah.

Incoming search terms:

  • buah buahan untuk penurun panas

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *